CASN 2024

Cek Tanggal Pendaftaran CPNS 2024, Cara Daftar dan Syarat

Pendaftaran CPNS 2024 yang menjadi perbincangan halayak ramai mulai di pertanyakan, pasalnya banyak isu beredar bahwa pendaftaran akan dibuka dalam waktu dekat yaitu di bulan April minggu ke tiga.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyebut bahwa pemerintah akan membuka setidaknya 2,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Formasi tersebut berlaku bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi CASN akan dilakukan sebanyak tiga periode yang akan dimulai dari bulan Maret 2024 hingga dijadwalkan berakhir pada Agustus 2024 mendatang.

Sementara itu, dikutip dalam laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), bahwa beberapa saat yang lalu telah diselenggarakan rapat progres pengadaan ASN tahun 2024 sekaligus pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Maka kapan pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka?

Hingga saat ini, pemerintah belum menyampaikan informasi resmi mengenai jadwal CPNS 2024. Baik itu melalui KemenPANRB maupun BKN sebagai instansi yang erat kaitannya dengan pengadaan CASN. Namun, berdasarkan informasi yang telah dipaparkan oleh pihak BKN, bahwa seleksi CASN 2024 yang merupakan pengadaan CPNS dan PPPK akan digelar dalam tiga periode sepanjang tahun 2024.

Dikutip dari laman resmi BKN, berikut tiga periode seleksi CPNS 2024 yang dimaksud:

  • Periode I (minggu ke-3 bulan Maret 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS serta seleksi Kedinasan
  • Periode II (bulan Juni 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS serta PPPK
  • Periode III (bulan Agustus 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK

Sementara itu, dikutip dari laman resmi KemenPANRB, pemerintah tengah menyiapkan pengadaan CASN tahun 2024 yang bertujuan untuk mendukung efektivitas kerja di lingkup IKN Nusantara serta membuka lapangan pekerjaan bagi para fresh graduate yang nantinya akan ditempatkan di IKN.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik bangsa, para fresh graduate, untuk mengabdi di IKN. Fresh graduate direkrut karena sudah cukup lama pemerintah memang tidak merekrut fresh graduate dalam skala yang cukup besar.” Ujar mentri Anas

Namun, belum umumkan secara rinci mengenai jadwal rekrutmen CASN 2024 akan dibuka pada tanggal berapa. Jadi diharapkan calon pelamar/peserta dapat bersabar dan tetap menunggu informasi terbaru yang dibagikan oleh pihak KemenPANRB maupun BKN.

Cara Daftar CPNS 2024

Dijelaskan dalam ‘Buku Pendaftaran CPNS’ yang diterbitkan oleh BKN, berikut cara daftar CPNS:

  1. Buka laman resmiĀ https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
  2. Isi data diri secara lengkap dalam Pengecekan Identitas.
  3. Masukkan kode CAPTCHA.
  4. Pelamar akan diminta untuk kembali melengkapi data.
  5. Pastikan untuk mengisi seluruh data secara lengkap dan benar.
  6. Apabila sudah yakin, klik Lanjutkan.
  7. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, akan ada notifikasi yang meminta pelamar untuk mengecek kembali terkait data yang diinput.
  8. Jika data yang diinput sudah sesuai, pelamar dapat klik Iya.
  9. Pendaftaran akun CASN sudah selesai.
  10. Pelamar dapat mengunduh Kartu Informasi Akun yang berisikan informasi mengenai akun CASN pelamar.

Akun CASN sudah selesai dibuat, sehingga pelamar dapat melakukan log in untuk mendaftarkan dirinya dalam rekrutmen CASN nantinya.

Syarat CPNS 2024

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki keinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi, baik dalam segi formasi maupun jabatan.
  2. Batas usia yang dipersyaratkan terpenuhi yaitu minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Pada jabatan seperti dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, maupun perekayasa, dapat mengikuti batas usia yang telah ditetapkan sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi yang masih berlaku.

Selain beberapa syarat tersebut, ada syarat umum lainnya yang perlu diperhatikan oleh pelamar CPNS. yaitu:

  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan secara tidak hormat sebagai PNS/Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara RI (POLRI).
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota POLRI.
  • Tidak menjadi anggota maupun pengurus partai politik (parpol) atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button