PPPK 2024

Fresh Graduate Dapat Mendaftar PPPK 2024?

Seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2024 sedang berlangsung, saat ini pemerintah menetapkan dua kali periode pendaftaran. Periode pendaftaran tersebut dibagi berdasarkan jenis pelamar. Namun apakah fresh graduate atau lulusan baru memiliki berkesempatan dalam pendaftaran PPPK?

Pendaftaran PPPK 2024 periode pertama diperuntukkan bagi pelamar prioritas (pelamar prioritas guru dan D4 bidan pendidik tahun 2023), eks tenaga honorer kategori II (eks THK-II), dan tenaga non-ASN yang terdata di database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Related Articles

Kemudian, pendaftaran periode kedua diperuntukkan bagi pelamar tenaga non-ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan PPG untuk formasi guru di instansi daerah. Berdasarkan aturan tersebut, prioritas diberlakukan untuk:

  1. Pelamar prioritas (pelamar prioritas guru dan D4 bidan pendidik tahun 2023)
  2. Eks tenaga honorer kategori II (eks THK-II)
  3. Tenaga non-ASN yang terdata di database BKN
  4. Tenaga non-ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan PPG untuk formasi guru di instansi daerah.

Maka, fresh graduate tidak dapat mendaftar PPPK 2024. Seleksi PPPK memprioritaskan hanya empat golongan yang disebutkan di atas. keputusan ini didasari evaluasi kebutuhan tenaga kerja di sektor pemerintahan yang lebih membutuhkan tenaga profesional berpengalaman.

Pemerintah menilai pengalaman kerja akan jadi penentu keberhasilan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di instansi pemerintah. Di samping itu, sejumlah formasi PPPK, utamanya di sektor pendidikan dan kesehatan menuntut keahlian mendalam dan kemampuan yang sudah terasah melalui pengalaman.

Unduh jadwal PPPK 2024 pada tautan berikut ini

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button