PPG

Perbedaan PPG bagi Guru Tertentu dan PPG Dalam Jabatan

Kemendikbudristek mengupayakan untuk menciptakan SDM unggul, salah satu kunci utamanya yaitu dengan hadirnya guru yang profesional, kompeten, dan sejahtera. Oleh karena itu, PPG bagi Guru Tertentu hadir sebagai tindak lanjut dari Permendikbudristek No. 19 Tahun 2024 Tentang PPG.

Perbedaan PPG bagi Guru Tertentu dan PPG Dalam Jabatan terdapat pada sistem pembelajaran yang dilakukan pada pelaksanaan PPG bagi Guru Tertentu yang tengah berjalan, yakni melalui penugasan terstruktur dan pembelajaran mandiri secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

PPG bagi Guru Tertentu bertujuan untuk memastikan pelaksanaan pembelajaran PPG bagi Guru Tertentu berjalan dengan baik sebelum diterapkan secara masif. Program PPG Bagi Guru Tertentu dibuka sebanyak 61.853 guru yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi pada tahun 2023 (memenuhi seluruh syarat peserta PPG); dipilah berdasarkan pemeringkatan usia dan riwayat terdata di Dapodik; dan dengan mempertimbangkan keterwakilan dari 38 provinsi.

Berikut ini adalah jadwal pembelajaran di PMM pada tahun 2024 :

Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 1 dilaksanakan pada 24 Juli – 4 September 2024.
Piloting PPG bagi Guru Tertentu tahap 2 dilaksanakan pada 29 Agustus – 8 Oktober 2024.
PPG bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) dilaksanakan pada 23 September – 4 November 2024.
Untuk linimasa selengkapnya : https://ppg.kemdikbud.go.id/ppg-guru-tertentu

Sebanyak 61.853 guru peserta sasaran program PPG Bagi Guru Tertentu yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi pada tahun 2023 (memenuhi seluruh syarat peserta PPG) akan mendapat notifikasi pemanggilan peserta melalui SIMPKB
Secara paralel, peserta dapat melakukan lapor diri di LPTK dan mulai mempelajari modul di PMM

Selanjutnya, peserta dapat mengikuti Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) melalui https://ukpppg.bppp.kemdikbud.go.id/
Pengumuman kelulusan peserta melalui surat dari Pusat PPG dan diinfokan melalui LPTK.

Selama masa PPG bagi Guru Tertentu, tentunya tedapat batasan waktu dalam pengerjaan Modul, latihan soal dan refleksi Jurnal Pembelajaran pada saat PPG bagi Guru Tertentu. Peserta PPG bagi Guru Tertentu diharapkan dapat mengikuti program pembelajaran mandiri yang didisain untuk dapat diselesaikan dalam waktu 6 (enam) minggu. Semakin cepat peserta menyelesaikan pembelajaran, peserta bisa lebih awal untuk mendaftar Uji Kompetensi Peserta PPG (UKPPPG).

Namun, jika Bapak/Ibu guru tidak dapat menyelesaikan PPG bagi Guru Tertentu karena berbagai kendala, maka Anda dapat melanjutkan dan menyelesaikan pembelajaran melalui PMM serta mendaftar dan mengikuti UKPPPG pada periode berikutnya.

Show More

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button